Inilah Keistimewaan & Pahala Adzan Bagi Para Muadzin

Inilah Keistimewaan & Pahala Adzan Bagi Para Muadzin

Sahabat global islam, pernakah kita mengumandangkan azan pada masjid?, udah berapakali serta kapan terahir kita azan? . Mungkin itu pertanyaan yang sulit dijawab yah. Sebab poly dari kita melihat orang yang mengumandangkan azan pada masjid atau mushalah rata homogen usia nya telah tua. Sedikit pada antara kita anak muda yang enggan buat azan. Seandainya kita memahami betapa besar  keutamaan azan maka kita akan berbondong2 mengumandangkan azan yah.

Di antara ajaran Islam itu artinya azan. Azan artinya panggilan yang disyariatkan sebagai penanda masuknya saat shalat fardhu bagi umat Islam. Berkaitan menggunakan pentingnya azan ini, Nabi SAW mengungkapkan beberapa keutamaannya serta pahala Azan, khususnya bagi orang-orang yg mengumandangkan azan (muazin atau bilal).

Inilah Keistimewaan & Pahala Azan Bagi Para Muadzin

Pertama, memperoleh kemuliaan khas pada hari kiamat. “Sesungguhnya para muazin itu adalah orang yang paling ‘panjang lehernya’ pada hari kiamat.” (HR Muslim, Ahmad, serta Ibnu Majah).

Menurut ulama, maksud ‘panjang leher’ ini merupakan orang yg paling poly pahalanya, paling poly mengharapkan ampunan asal Allah, paling bagus balasan amal perbuatannya, dan  orang yang paling dekat dengan Allah.

Ke 2, mendapatkan ampunan, menjadi saksi dan  pahala yg berlipat ganda.

Seperti yg dikutip asal Hadits ibnumajah 716 “seorang mu`adzin akan diampuni sejauh bunyi adzan yang dia kumandangkan, & setiap yg basah & yg kering akan memintakan ampun baginya. Sedangkan orang yg menghadiri shalat jama’ah akan dituliskan baginya dua puluh 5 kebaikan & dosa antara dua shalat akan diampuni dengannya. [HR. Ibnumajah No.716].

Baca juga :

Ketiga, memperoleh jaminan surga . Abu Hurairah mengatakan, “Suatu ketika, kami sedang berada bersama Rasul SAW, kemudian kami melihat Bilal mengumandangkan azan. Setelah selesai, Rasulullah kemudian bersabda, “Barang siapa berkata seperti ini menggunakan penuh keyakinan, maka dia dijamin masuk nirwana.” (HR Nasa’i).

Hadits ibnumajah 720 : “Barangsiapa mengumandangkan adzan selama dua belas tahun, maka wajib  baginya surga , dan  dgn adzannya, pada setiap harinya akan dituliskan enam puluh kebaikan, & 3 puluh kebaikan untuk setiap iqamah yang ia lakukan”. [HR. Ibnumajah No.720]

Demikianlah di antara Keutamaan serta pahala azan yg di ambil dai beberapa asal. Andai kata insan mengetahui rahasia keistimewaan azan, pasti mereka akan berlomba-lomba buat mengumandangkannya.

“Sekiranya orang-orang mengetahui akan misteri Keutamaan Azan serta rahasia Shaf Pertama, pasti mereka akan berebutan meraihnya meski menggunakan cara mengundi. Dan  andai kata mereka mengetahui rahasia keutamaan yang ada di saat panasnya ketika Zhuhur, pasti mereka akan berebut mengerjakan shalat pada ketika itu. Dan  seandainya mereka mengetahui misteri keutamaan yg terdapat pada waktu Isya dan  Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya untuk melakukan shalat keduanya walaupun harus dengan cara merangkak.” (HR Muslim).

Like dan share artikel di bawah ini yah

0 Response to "Inilah Keistimewaan & Pahala Adzan Bagi Para Muadzin"

Post a Comment